Kue Perahu Makola

In Kue-kue, makola, Masakan

Jogja kerap dilanda hujan belakangan ini. Seringnya, hujan turun bak doorprize, tiada dikira bahkan burungpun tak sempat mengirim berita. Namun terkadang, hujan datang laksana sesuatu atau seseorang yang telah lama dinantikan..hujan adalah kerinduan para petani yang ingin sawahnya terairi..hujan adalah pucuk dicita ulampun tiba bagi bocah-bocah penjaja payung..

Bagiku..hujan..adalah kenangan..akan masa kecilku saat masih ada (almarhumah) Oma tercinta. Sebab dulu,.di saat hujan..Omaku suka membuatkan “kue perahu” yang manis dan gurih..wangi pandannya sudah menyeruak seantero rumah..😘😘😘 sebelum kuenya matang πŸ™‚
Saat.ini..tuk mengobati kerinduan puluhan tahun lalu itu..dan juga terkomporkan oleh sedulur sedulur di JOGIST ..kubuatlah “kue perahu” ini..

Meski penampakan masih malu-maluinπŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚..semoga temen temen  bisa ikutan ngincipin “kue perahu” ini..

Oiyaaa..”kue perahu” dari daerahku Gorontalo. Bentuk cetakannya memang menggunakan daun pandan yang lebar dan tumbuhnya bisa tinggi banget😘😘😘 tapi kalau susah mendapatkan daun pandan yang lebar besar, bisa diganti dengan daun pisangπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
Ini resepnya ya πŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ
Ppsstt..resepnya nyulik dari mbah google aja kok..πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
Adonan Hijau
3 kuning telur

125 gr gula pasir

125 gr tepung terigu
600 ml santan dari 1 butir kelapa.

25 ml air daun suji dan pandan/ bisa diganti dengan pewarna makanan hijau tidak perlu ditambahkan air.

2 bh kelapa muda, keruk, iris kasar
Adonan Putih
1 btr putih telur

1 sdt garam

3 sdm tepung terigu

250 ml santan dari 1 btr kelapa

15 bh kotak, terbuat dari daun pandan/cucing
Cara Membuat:
1. Adonan hijau: kocok kuning telur bersama gula sampai tercampur rata lalu masukkan tepung terigu, aduk rata. Masukkan santan dan air daun suji sambil diaduk sampai rata.

2. Adonan putih: kocok putih telur bersama garam sampai kaku lalu masukkan tepung dan santan, aduk rata.

3. Panaskan dandang, beri 3 lembar daun pandan. Siapkan cucing, taruh potongan daun pandan, tuang 1 sendok sayur kecil adonan hijau, beri kelapa muda di atasnya. Kukus selama 15 menit.

4. Tuangkan 1 sendok sayur adonan putih ke atasnya. Kukus sampai seluruh bahan matang. siap santap.

Tags: #gorontalo #kue khas daerah #kuliner daerah

Anda sedang membaca artikel tentang Kue Perahu Makola. Silahkan baca artikel Makola Blog tentang Kue-kue, makola, Masakan lainnya. Semoga bermanfaat ...

Nasgor Keto Makola
Nasgor Keto Makola
For Keto Friendly Blender 1 bungkus konyaku
Cheese Cake Keto Friendly Makola
Cheese Cake Keto Friendly Makola
Cheese Cake Keto Friendly MakoLa – 1
Snack Cimol Goreng Ueennaakk
Snack Cimol Goreng Ueennaakk
Cireng n Cimol Bahan-bahan : Sagu tani
Resep Sop Buntut Sapi Lezat
Resep Sop Buntut Sapi Lezat
​Bahan-bahan : 1 kilogram buntut sapi, potong
  1. author

    murih8 months ago

    Mbak Ola tinggal di jogja to? Kita sama πŸ˜‚. Duh rajinya bikin kue. Itu cucing bikin seneng saya 😊. Tambah kosakata. Selamat berkreasi mbak Ola 😊

    Reply
    • author
      Author

      makola8 months ago

      Hehehe..cucing meong..xixixi

      Reply
  2. author

    Belinda Kusumo8 months ago

    Wuah saya suka sekali kue tradisional. Tapi belum pernah buat. Tertarik sekali bikin ini. Mirip sesuatu yang aku pernah lihat belum pernah icip. Besok ada bahan mau cobain ah semoga berhasil. Terima kasih sharing resepnya.

    Reply
  3. author

    Wichan8 months ago

    Aku gak tahu ini udah pernah makan tuh kue apa belum. Tapi keknya bisa ngeraba rasanya. Hahahaha

    Bahannya gampang, tapinya males nyiapinnya.

    Reply
  4. author

    Djulaeha8 months ago

    Meskipun aku bukan org jogja tp jogja rumah ke 2 buat ku. Tp aku baru tau nih kue perahu. Next aku ke jogja lagi, mo icip juga nih mbak kue perahunya.

    Reply
  5. author

    Lya uminyaltair8 months ago

    Saya suka nih rasanya kue ini, gurihπŸ‘
    Dan sebenrnya memang yg bikin aromanya asik itu dr pandan, agak beda Kali ya sensasinya kl diganti daun pisang?

    Thx mbak resepnya, sepertinya ga terlalu sulit..mdh2an bs segera eksekusi sm anak2πŸ˜‰

    Reply
  6. author

    Desi indriani8 months ago

    Wah mau coba resep baru mba.. Bisa vatiasi untuk takjil bulan puasa besok

    Reply
  7. author

    retno arum8 months ago

    Jogja manaaa maaaak? Bisa neeeh disamperin sambil icip2 kue nya ? πŸ˜€

    Reply
  8. author

    Ina8 months ago

    Kue perahu krn bentuknya kayak perahu ya…
    apalagi dimakan hangat2 selagi hujan2. Pasti yummy…

    Reply
  9. author

    Yuni Ros8 months ago

    Uniq namanya,jadi tertarik pingin bikin dan coba rasanya,ini resep baru untuk saya

    Terimakasih share nya bunda,salam kenal dari saya πŸ˜‡

    Reply
  10. author

    Melysa Luthiasari8 months ago

    Waaahhhh ini kue aku pernah nyoba ga ya, tp kalo ga salah pernah cuma lupa dimana. Dulu waktu kopdar LE, pernah ada ga sih mba ini kue? Makasih resepnya ya mba, semoga aku bisa coba bikin sendiri, aku copasin resepnya ya mba Ola yang baik hati dan tidak sombong. Makasiiiihhhh……

    Reply
  11. author

    Restiana8 months ago

    Istimewa,,, pasti gurih sedaap, malam2 melipir ke sini bikin busui krucuk2 lihat kue nya,,, dudu,,,

    Reply
  12. author

    Tika Samosir8 months ago

    Whuuuaaaa tengah malam gini lagi jalan-jalan jadi lapar baca Kue Perahu Makola… Mba Ola lempar 3 bijik ke bekasi dong lapar…

    Reply
  13. author

    uwan urwan7 months ago

    wahhh ini resep rersep ya isinya.. salah masuk…. bisa langsung ke pasar nih nanti. wkwkw

    Reply

Leave a reply "Kue Perahu Makola"


Top